Jumat, 02 Desember 2016

Tanaman Herbal Untuk Turunkan Penyakit Diabetes melitus

Tanaman Herbal Untuk Turunkan Penyakit Diabetes Melitus


Tanaman Herbal Untuk Turunkan Penyakit Diabetes melitus - Banyak cara untuk menurunkan penyakit Diabetes Melistus, termasuk dengan berbagai tanaman herbal yang mudah ditemukan seperti dengan Lidah buaya, Kayu manis, Mahkota dewa, Mengkudu ataupun dengan Bawang dayak. Banyak tanaman yang ternyata banyak ditemui dan juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh ataupun juga baik untuk menurukan penyakit Diabetes Melitus. 

CARA PENGOBATAN MEDIS UNTUK PENYAKIT DIABETES MELITUS

 


Ada 2 cara yang dilakukan untuk pengobatan medis, yang pertama adalah cara pengobatan non farmakologis yang merupakan cara pengobatan tanpa obat jenis apapun, namun memerlukan kesdiplinan yang sangat tinggi untuk melakukan cara ini. Dan yang kedua adalah cara pengobatan farmakologis yaitu pengobatan dengancara meminum obat medis yang diberikan untuk kesembuhan dari penyakit diabetes melitus pengobatan ini tidak memerlukan kedisiplinan yang tinggi seperti cara pengobatan non farmakologis, hanya saja untuk pengobatan ini penderita harus rajin meminum obat-obatan medis yang diberikan . 

Berikut ini cara medis yang dilakukan untuk kesembuhan penderita Diabetes Melitus:

Pengobatan non farmakologis merupakan metode yang biasanya disarankan oleh dokter kepada seseorang yang telah dinyatakan mengidap penyakit diabetes melitus, pengobatan ini dilakukan tanpa menggunakan obat jenis apapun. berikut ini adalah tingakan yang harus dilakukan oleh orang yang terkena penyakit diabetes melitus :
  1. Mengatur pola makan
  2. Tidak merokok  dan tidak minum minuman yanga mengandung alkohol
  3. Menurunkan berat badan
  4. Melakukan olah raga secara teratur

Pengobatan farmakologis merupakan metode pemberian obat secara teratur. karena dengan cara pengobatan ini tak membutuhkan kedisiplinan yang kuat seperti apa yang dilakukan dengan metode nan farmakologis, hanya saja dengan cara ini pasien harus teratur meminum obat yang dianjurkan oleh dokter

 PENGOBATAN MENGGUNAKAN TANAMAN 


 Meski ada pengobatan medis yang ampuh untuk menurunkan bahkan menyembuhkan penyakit Diabetes melitus tetapi tak semua penderita mampu untukmembayar pengobatan medis. Tetap tak perlu Khawatir sebab ada pengobatan yang mudah dilakukan dengan Tanaman Herbal yang mudah ditemui disekitaran rumah seperti: 

LIDAH BUAYA

Lidah buaya atau aloe vera ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti Aloin, aloenin, aleosin dan barbaloin. Keempat kandungan ini sangat baik untuk tubuh bahkan penderita DM. lidah buaya juga bersifat antiinflamasi dan dapat digunakan sebagai pencahar bagi yang sedang mengalami sembelit. Tanaman lidah buaya ini mampu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sel pankreas
Cara meramu: 1 lembar lidah buaya dicuci bersih, buang durinya kemudian dipotong-potong. Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3×1,5 gelas setiap habis makan.

MAHKOTA DEWA

Mahkota dewa atau phaleria macrocarpa ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, seperti:
Alkaloid yang berguna untuk menetralisisr racun dalam tubuh.
Saponin yang berguna sebagai anti virus dan bakteri
Flavonoid yang berfungsi untuk melancarkan dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah
Cara meramu: Siapkan lima hingga tujuh iris buah mahkotadewa lalu seduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Setelah itu minum secukupnya.

MENGKUDU

Mengkudu memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, serat alami, kalium, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat membantu dalam proses penyembuhan diabetes
Cara meramu: Ambil dua buah mengkudu masak. Parut dan tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum.

BAWANG DAYAK

Bawang dayak mempunyai kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak sangat lengkap sehingga sangat wajar khasiatnya banyak. Senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin. Bawang dayak dapat digunalan secara langsung atau juga dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.
Cara meramu: Siapkan 1 siung bawang dayak yang sudah dicuci bersih. lalu potong menjadi beberapa bagian jangan terlalu besar. lalu seduh dengan air panas ke dalam gelas, simpan sampai airnya berubah warna menjadi merah, kemudian minum secara rutin 2kali sehari

KAYU MANIS
Kayu manis atau cinnamomum zaylanicum yang memiliki sifat hangat dan juga wangi, Kayu manis memiliki kandungan cinnzelanol, kumarin, benzil, benzoat, dan felandren. kandungan dari kayu manis ini dapat mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, mencegah teradinya pertumbuhan sel atau darah dan juga menghangatkan tubuh.
Cara meramu: Siapkan kayu manis yang telah bubuk, kemudian dapat dicampurkan dengan teh atau kopi yang akan diminum

Demikian beberapa Tanaman Herbal Untuk Turunkan Penyakit Diabetes melitus yang dapat disampaikan, tanaman yang mudah ditemui dan sering kali digunakan untuk tanaman hias atau bumbu masak ini ternyata memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh, dan juga bisa mengobati beberapa penyakit. semmoga informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar